Saturday, January 12, 2019

Tuhan Bicara Pake Petir?

Baca devo tiap hari itu penting. Kenapa? Karena T bicara lewat devo itu. Sering kali kita orang kristen (apalagi kristen karismatik) senengnya sama sesuatu yg super super. Kepengen denger suara Tuhan bicara audible, atau beri kesan kuat di hati, atau liat tulisan di langit, atau dapet nubuatan dr seseorang, atau bahkan kalo bisa Yesus menampakkan diri di depan kita.. dan kita baru bisa bilang kalo Dia bicara ke kita.

Ga ada yg salah dengan pernyataan supranatural, tapi, di banyak waktu, Tuhan bicara lewat FirmanNya dan FirmanNya adalah alkitab yg dibukukan sm LAI itu. Karena FT adalah perkataan dari hembusan nafas T itu sendiri (God-breathed words). Bahkan Yesus sendiri adl "Firman yg menjadi manusia". We can find Jesus through the reading of the scripture.

"Firmanmu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku" maka penting untuk tiap hari punya pelita dan terang. Buat porsi baca FT mu tiap hari. It will be up to you. Mungkin ada yg sanggup baca 5 pasal per hari, atau 3 pasal per hari, atau mungkin 1 pasal aja.. it's fine. Intinya kalo masih laper, ya makannya ditambah. Kalo ternyata setelah sekian lama baca 1 pasal aja kok terasa kurang, ya tambah lagi aja. Kalo saya sih, antara 2-3 pasal sehari + 1 renungan jadi. 

Org Yahudi juga punya kebiasaan turun temurun baca Torah tiap hari. Mereka kudu baca bbrp porsi Torah yg sama untuk tiap org Yahudi. Di tahun 1997, pernah ada tragedi kecelakaan helikopter yg cukup besar di Israel dan ternyata tragedi itu pas dengan pembacaan Torah untuk hari itu. (Kisah lengkap sila buka link ini dan ini). 

Kok bisa pas banget ya? Ya begitulah sistemnya T.

Ga perlu jd orang super religius utk baca FT tiap hari. Kita bisa baca lewat media apa aja, bs buku atau app (recommended: app Alkitab & Bible). Kalo ternyata ga keburu baca di pagi hari buta? Ya baca aja sebelum kelas mulai. Atau pas lagi di angkot. Atau kamu tipe yg lebih suka denger dibanding baca? Bisa pake fitur audio di app Bible. Atau juga bs denger sermon pake earphone. Dulu di keluarga kami ketika kudu pergi dan masih sering bawa mobil pribadi (soalnya skrg udh jarang), kita sering denger cd kotbah sepanjang perjalanan. Bahkan pernah juga sambil bawa temen / keluarga yg belom percaya (wkwk).

Wis pokok'e faith comes by hearing and hearing and hearing the Word of Christ. Baca/denger FT terus dan terus biar iman kita makin teguh di dlm Yesus.



_____________
Anw, ini tulisan udah mayan jadul haha. Gue copy dari note gmail waktu jamannya masih pake android. 
Tertulis edit terakhir bulan Feb 2017.

No comments:

Post a Comment